Order

Order dapat diakses dengan memilih menu “Order” yang terdapat pada sidebar menu aplikasi Melisa.

Ringkasan data order

Pada tampilan menu order terdapat ringkasan informasi order yang sudah pernah dibuat.

Pengguna dapat melihat data order berdasarkan pilihan yang tersedia dengan cara menekan kotak informasi order seperti berikut:

Secara default aplikasi Melisa akan menampilkan informasi order berdasarkan semua data order berdasarkan 7 hari terakhir, pilihan jangka waktu ini bisa diatur oleh pengguna dengan menentukan tanggal awal dan tanggal akhir.

Tambah order / Order baru

Pengguna dapat menambahkan order dengan menekan tombol tambah yang berada di kanan bawah tampilan order. Akan muncul pop up tambah order seperti berikut:

Berikut merupakan bagian bagian dari form tambah order:

  1. Cari nama pelanggan. Pengguna dapat mencari nama pelanggan yang sudah disimpan sebelumnya. secara otomatis aplikasi Melisa akan menggenerate data alamat pemesan
  2. Cari nama produk. Pengguna dapat mencari nama produk untuk dimasukkan kedalam list belanja
  3. Daftar produk yang akan dipesan. Silahkan masukan quantity sesuai jumlah yang dipesan. Secara otomatis harga akan muncul sesuai dengan jenis pelanggan yang dipilih, dan akan mengikuti data harga yang telah dimasukan di data produk.
  4. Data pemesan yang telah dipilih di item (1). Alamat ini akan menjadi dasar perhitungan ongkos kirim.
  5. Daftar nomor rekening untuk pembayaran oleh pelanggan. Untuk menambah / mengubah data ini silahkan mengacu ke data pembayaran.
  6. Silahkan pilih ekspedisi / kurir yang akan digunakan untuk melakukan pengiriman pesanan. Jika pilihan servis tidak muncul, maka besar kemungkinan pilihan provinsi/kota/kecamatan alamat asal / tujuan tidak didukung. Silahkan coba menggunakan ekspedisi / kuris yang lain.
  7.  Biaya asuransi. Opsi yang dapat digunakan untuk menambahkan biaya asuransi
  8. Biaya tambahan. Opsi yang dapat digunakan untuk menambahkan biaya tambahan
  9. Jika ada diskon tambahan, silahkan masukan disini. Field ini bersifat opsional (tidak wajib). Dapat digunakan diskon % dari total, atau nomial rupiah.
  10. Ongkos kirim. Angka ini di generate secara otomatis menurut biaya ekspedisi layanan, form biaya ongkos ini kirim masih dapat diedit oleh pengguna jika diperlukan.

CATATAN :

Pada saat memasukan quantity order, secara otomatis sistem akan melakukan check untuk memastikan bahwa jumlah quantity yang dipesan tidak melebihi jumlah stock produk yang tersedia.

Jika jumlah quantity yang dipesan melebihi jumlah stock tersedia maka akan muncul pesan peringatan seperti berikut :

Pesan ini hanya berupa peringatan saja, Anda dapat tetap melanjutkan membuat order.

Sistem melisa akan secara otomatis melakukan pengurangan stock produk pada saat proses pembayaran diterima (klik tombol ‘Dibayar?’ di daftar order).

Stock produk belum berkurang pada saat order dibuat.

Setelah order berhasil dibuat, akan ada informasi order yang dapat di copy seperti berikut:

Export data order

Pengguna dapat mengeksport seluruh data order dalam bentuk file berformat .xlsx (Microsoft Excel) dengan menekan tombol “Export order”

data export order merupakan data berdasarkan pilihan menu yang ada.

Cari order

Pengguna dapat mencari data order yang telah dibuat dengan mengakses menu cari. Data order dapat dicari berdasarakan kode order atau nomor resi pengiriman.

Data order

Setiap order yang telah dibuat akan ditampilkan di menu order seperti berikut:

Apabila pembeli telah melakukan pembayaran terhadap order, dapat di konfirmasi dengan menekan tombol “dibayar?” untuk merubah status order bahwa order telah dibayar

Apabila order telah dibayar dan dikirim maka pengguna dapat mengkonfirmasi pengiriman order dengan menekan tombol “dikirim?” seperti berikut:

Akan muncul sebuah form untuk menginputkan nomor resi order,

Klik simpan disebelah kanan form nomor resi untuk menyimpan nomor resi. Setelah menginputkan nomor resi pengguna dapat melakukan tracking informasi paket dan juga pengguna dapat mengcopy nomor resi.

Edit order

Pengguna juga dapat melakukan perubahan data order yang sudah disimpan dengan menekan icon “pensil” di bagian bawah kanan tampilan order.

Akan muncul pop up untuk pengeditan data order yang akan diedit.

Tekan tombol simpan untuk menyimpan perubahan data order dan tekan tombol tutup apabila tidak ingin menyimpan perubahan pada data order.

Copy informasi order

Pengguna dapat mengcopy informasi order yang telah dibuat dengan menekan tombol copy yang berada dikanan bawah tampilan order

Akan muncul pop up informasi order yang bisa di copy

Cetak / print order

Pengguna dapat mencetak invoice order atau label pengiriman order dengan menekan icon print yang ada di bagian kanan bawah tampilan order

Akan muncul pop up print order seperti berikut:

terdapat dua opsi print order yaitu:

  • invoice, untuk mencetak invoice order
  • label pengiriman, untuk mencetak label pengiriman order, terdapat pilihan informasi mengenai label pengirman order diantaranya fragile sign, kode order, dan tanggal order.

Hapus order

Pengguna dapat menghapus data order dengan cara menekan icon “tempat sampah” yang berada di bagian kanan bawah tampilan order.

Last updated by Melisa on April 16, 2018
751 reads