Import Stock Produk Dari File Excel

Untuk kemudahan proses update stock, aplikasi melisa dapat melakukan import stock produk via file excel dengan menggunakan file format yang sama dengan hasil export yang dijelaskan di fitur data produk.

Ada 2 jenis import stock :

  1. Import penambahan stock
  2. Import update / stock opname

 

Berikut ini adalah penjelasan dari 2 jenis import ini :

1. Import Penambahan Stock

Fitur ini akan menambah jumlah stock yang tercatat di aplikasi melisa dengan jumlah yang terdapat di file excel. Salah satu skenario penggunaan nya adalah ketika misal ada pembelian stock baru dari ratusan item produk yang ada di toko, maka tentu kita perlu mencatatkan penambahan stock baru ini ke masing-masing produk.

 

2. Import update / stock opname

Fitur ini akan mengubah jumlah stock yang tercatat di aplikasi melisa sesuai dengan jumlah yang terdapat di file excel. Skenario penggunaan nya adalah ketika misal ada proses cek stock bulanan (stok opname) yang tujuan nya adalah untuk mengetahui apakah jumlah barang fisik sudah sesuai dengan pencatatan yang ada dalam sistem.

 

Catatan : kedua fitur ini hanya akan mengubah data stock dari produk yang sudah ada di aplikasi melisa, jika master data produk nya belum tersedia maka proses import nya akan error / gagal. Silahkan baca dokumen import data produk secara masal untuk import data produk baru.

 

Tampilan setelah klik button ‘Import Tambah Stok Produk’ :

Klik button ‘SIMPAN’ untuk melanjutkan proses import tambah data stock.

Tampilan pada saat proses import data stock.

Setelah proses import data selesai, akan muncul tampilan seperti diatas. Silahkan klik ‘tutup’ untuk mengakhiri, atau pilih file lain jika ingin mengunggah file import stock yang lain.

Tampilan dan flow untuk ‘Import Stok Produk (Opname)’ akan sama dengan proses diatas.

 

 

 

Last updated by Melisa on April 12, 2018
719 reads