Selamat Datang di Melisa.id, halaman ini akan menjelaskan urutan cara setup aplikasi melisa pertama kali, dan alur penggunaan aplikasi melisa secara umum :
1. Download & Instalasi Aplikasi Melisa
Melisa adalah aplikasi berbasis desktop, sehingga Anda perlu mendownload file installer disini :
==> https://melisa.id/download/
Baca requirement laptop / PC yang dibutuhkan disini :
==> https://melisa.id/tutorial/apa-spesifikasi-pc-laptop-komputer-yang-dibutuhkan/
Instalasi
Setelah download, silahkan lakukan instalasi seperti dijelaskan disini :
==> https://melisa.id/tutorial/bagaimana-cara-install-aplikasi-melisa/
Setup Informasi Toko
Setelah berhasil melakukan instalasi, silahkan login menggunakan email & password yang telah dikirimkan. Pada saat login pertama kali, Anda akan diminta untuk memasukan informasi toko Anda :
==> https://melisa.id/tutorial/setup-informasi-toko/
Setting Akun
Anda dapat melihat & mengubah informasi akun seperti dijelaskan disini :
==> https://melisa.id/tutorial/setting-akun/
Cara Update
Karena melisa adalah aplikasi berbasis dekstop, maka setiap kali update / bug fix maka Anda perlu melakukan update :
==> https://melisa.id/tutorial/bagaimana-cara-update-aplikasi-melisa-ke-versi-terbaru/
Pada saat pertama kali dibuka, aplikasi Melisa akan melakukan checking automatis apakah tersedia versi terbaru atau tidak.
2. Setup Autoresponder WhatsApp & Template Pesan
Untuk memudahkan melayani pelanggan, silahkan setup autoresponder whatsapp seperti dijelaskan disini :
==> https://melisa.id/tutorial/autoresponder-autoreply/
Template pesan adalah fitur yang dibuat untuk memudahkan Anda / CS menjawab berbagai pertanyaan dengan cepat & efektif :
==> https://melisa.id/tutorial/template-pesan/
3. Setup Master Data
Sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi melisa untuk mencatat berbagai transaksi penjualan, maka Anda harus setup beberapa master data berikut :
Menambahkan Data Produk
Informasi data produk yang Anda miliki perlu ditambahkan kedalam sistem melisa, dengan tujuan :
- Mencatat informasi tipe jenis, harga penjualan, dan profit
- Pencatatan stok yang tersedia
- Data produk akan digunakan di pencatatan transaksi / order
- Jenis tipe produk akan menentukan ongkos kirim
- Pelanggan dapat langsung melakukan order via toko online (lihat penjelasan fitur toko online)
==> https://melisa.id/tutorial/data-produk/
Untuk memudahkan pengguna melisa yang memiliki ratusan/ribuan data produk, kami menyediakan fitur import produk melalui file excel :
==> https://melisa.id/tutorial/import-data-produk-secara-masal/
Untuk proses update data stock secara masal juga dapat menggunakan fitur import dari file excel :
==> https://melisa.id/tutorial/import-stock-produk-dari-file-excel/
Pembayaran
Informasi pembayaran perlu ditambahkan agar informasi cara pembayaran pesanan dapat otomatis dikirimkan pada (calon) pelanggan :
==> https://melisa.id/tutorial/fitur-pembayaran/
Pelanggan
Informasi pelanggan perlu ditambahkan kedalam sistem melisa, dengan tujuan :
- Alamat pelanggan akan menentukan ongkos kirim (jika tipe produk adalah produk fisik)
- Data pelanggan adalah asset bisnis Anda yang perlu dikelola dengan baik
==> https://melisa.id/tutorial/data-pelanggan/
Anda juga dapat memanfaatkan Toolbar untuk kemudahan :
==> https://melisa.id/tutorial/melisa-toolbar/
4. Mencatat Transaksi Pesanan
Setelah semua master data selesai dibuat, maka Anda sudah dapat mulai menggunakan aplikasi melisa untuk mencatat pesanan / order yang masuk dari pelanggan :
Pencatatan Pesanan / Order
==> https://melisa.id/tutorial/order/
Autofollowup WhatsApp
Biasanya orang yang berbelanja di toko online tidak langsung transfer di saat yang sama saat melakukan pemesanan, oleh karena itu kita perlu mengirimkan reminder / pengingat pada semua orang yang sudah melakukan pemesanan namun belum melakukan transfer pembayaran. Dari pengalaman kami menjalankan toko online, dengan mengirimkan reminder maka tingkat closing rate dapat meningkat 20% hingga 30%.
Fitur autofollowup akan membantu mengirimkan reminder secara otomatis pada orang-orang yang sudah melakukan pemesanan namun belum melakukan transfer pembayaran :
==> https://melisa.id/tutorial/autofollowup/
Cetak Invoice / Label Pengiriman
Untuk anda pemilik toko online yang menjual produk fisik, maka fitur cetak invoice & label pengiriman sangat diperlukan :
==> https://melisa.id/tutorial/cetak-label-pengiriman-dan-cetak-invoice/
Tracking Status Pengiriman
Aplikasi melisa dapat membantu proses tracking status pengiriman berdasarkan nomor resi:
==> https://melisa.id/tutorial/tracking-status-pengiriman/
Laporan
Silahkan mengacu pada dokumen ini untuk menampilkan laporan penjualan :
==> https://melisa.id/tutorial/laporan/
5. Setup Akun Customer Service (CS)
Jika Anda memiliki 1 atau lebih Customer Service (CS), silahkan buat akun melisa khusus untuk masing-masing CS :
==> https://melisa.id/tutorial/customer-service/
6. Fitur Toko Online (Formulir Order)
Kini semua produk yang anda buat akan memiliki halaman url web yang dapat digunakan baik untuk promosi ataupun proses pembelian / order :
==> https://melisa.id/tutorial/fitur-online-store/
7. Fitur Broadcast Pesan via WhatsApp
Kini Anda dapat mengirimkan pesan pada seluruh data pelanggan via whatsapp broadcast :
==> https://melisa.id/tutorial/broadcast-messages/
8. Fitur Order Dropship untuk Reseller / Distributor / Agen
Jika Anda memiliki banyak reseller/distributor/agen yang membantu menjual produk Anda dengan sistem dropship, fitur ini akan sangat bermanfaat :
==> https://melisa.id/tutorial/order-dropship-rda/
==> https://melisa.id/tutorial/setup-sistem-dropship-order-rda/
Pertanyaan yang paling sering ditanyakan (FAQ) :
1. Cara reset password
2. Network Error Saat Login di Aplikasi Melisa
2. Apa melisa dapat digunakan di hp android?
3. Apakah 1 (satu) lisensi Titanium bisa digunakan oleh banyak CS?
4. Ketika Install di MacOS : Melisa can’t be opened because it is from unidentified developer
5. Melisa Gagal Save atau tidak responsive?
Terima kasih.