Data Pelanggan

Data pelanggan dapat diakses dengan memilih menu “Pelanggan” yang terdapat pada halaman dashboard dan pada sidebar menu aplikasi melisa.

Tambah data pelanggan

Pengguna dapat menambahkan data pelanggan dengan menekan tombol tambah yang berada di kanan bawah tampilan data pelanggan. Akan muncul pop up tambah pelanggan untuk data pelanggan baru seperti berikut:

Selain menggunakan cara ini, data pelanggan juga dapat ditambahkan melalui Melisa Toolbar.

Pada form isian data pelanggan terdapat opsi untuk mengaktifkan fitur Whatsapp AutoFollowUp, apabila fitur ini diaktifkan, maka pengguna perlu menentukan layanan chat Whatsapp mana yang sudah terdaftar di menu Layanan Chat sebagai akun Whatsapp yang mengirim pesan follow up order.

Tipe Pelanggan

Pelanggan dapat dikategorikan kedalam 4 jenis, yaitu ‘Regular’ , ‘Reseller’ , ‘Distributor’ dan ‘Agen’. Anda dapat memanfaatkan 4 jenis kategori ini sesuai dengan kebutuhan, dan tidak wajib untuk menggunakan seluruhnya.

Pelanggan tipe regular akan otomatis mendapatkan harga normal, dan pelanggan degan tipe reseller / distributor / agen akan otomatis mendapatkan harga reseller / harga distributor / harga agen yang tertera di data produk.

Anda dapat memanfaatkan fitur Dropship RDA sehingga pelanggan dengan tipe reseller / distributor / agen dapat melakukan proses order mandiri dan terintegrasi di aplikasi melisa. Ikuti cara setup sistem dropship RDA yang dijelaskan.

Pada contoh dibawah ini, hanya harga normal (retail) , reseller dan distributor saja yang digunakan. Sedangkan harga agen tidak digunakan (nilai nya 0).

Jika bisnis Anda hanya melayani retail saja dan tidak memiliki reseller / distributor / agen, maka cukup mengisi harga normal dan tidak perlu mengisi angka reseller / distributor / agen.

Pelanggan Tag

Pada pop up tambah dan edit pelanggan terdapat field “Pelanggan Tag”. Field ini bersifat opsional untuk diisi. Form ini lebih ditujukan untuk pengkategorian pelanggan sesuai dengan kebutuhan Pengguna. Pelanggan Tag akan terisi otomatis dengan Tag “buyer” apabila pelanggan pernah melakukan transaksi dan Tag berisi kategori produk yang pernah dibeli oleh pelanggan.

Edit dan hapus data pelanggan

Pengguna dapat menghapus data pelanggan dengan cara menekan icon “tempat sampah” yang berada di kolom actions pada tabel data pelanggan.

Pengguna juga dapat melakukan perubahan data pelanggan yang sudah disimpan dengan menekan icon “pensil” di tabel pelanggan. Akan muncul pop up untuk pengeditan data pelanggan yang akan diedit.

Tekan tombol simpan untuk menyimpan perubahan data pelanggan dan tekan tombol tutup apabila tidak ingin menyimpan perubahan pada data pelanggan.

Import Pelanggan Dari Excel File

Bagi pengguna yang memiliki banyak data pelanggan yang tersimpan sebagai data excel, dapat melakukan import dengan memanfaatkan fitur ini.

Klik (1) untuk menampilkan popup pilihan import pelanggan dari file excel, klik (2) untuk import contoh file format excel pelanggan yang dapat digunakan.

Agar data alamat pelanggan dapat tersimpan dengan benar di aplikasi melisa, pastikan format penulisan provinsi/kota/kabupaten/kecamatan sesuai dengan daftar database melisa yang dapat dilihat disini.

Berikut adalah format file excel untuk import pelanggan :

Contoh format file excel untuk import ==> Klik disini

Setelah mempersiapkan file excel data pelanggan nya, klik (3) ‘Pilih File’ untuk melakukan preview data pelanggan yang akan diimport. Dibawah ini adalah tampilan preivew import pelanggan :

Jika pada data yang diimport terdapat salah satu kolom (wajib diisi) berisi value yang tidak valid / kosong, maka melisa akan memberitahukan data mana yang gagal diupload, seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini :

Catatan : Jika Anda ingin agar semua data pelanggan yang masuk melalui fitur import ini aktif setting auto followup nya, silahkan lakukan pengaturan di halaman setting akun bagian Auto Followup : Pengaturan Default Autofollowup Pelanggan Baru

Import google contact

Pengguna dapat memigrasi data kontak telepon yang terdapat pada akun google ke data pelanggan dengan menekan tombol “Import Google Contact”.

Export data pelanggan

Pengguna dapat mengeksport seluruh data pelanggan dalam bentuk file berformat .xlsx (Microsoft Excel) dengan menekan tombol “Export pelanggan”

Cari data pelanggan

Pengguna dapat mencari data pelanggan yang telah disimpan dengan mengakses menu cari. Pelanggan dapat dicari berdasarakan nama, email atau nomor telepon.

Last updated by Melisa on June 12, 2018
2040 reads