WhatsApp Autoresponder / Autoreply

Menjawab banyak nya kebutuhan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan yang berulang di whatsapp, maka kami membuat fitur whatsapp autoresponder ini. Fitur ini sering disebut juga dengan istilah lain seperti whatsapp bot, WA Bot, WA Chatbot, dll. Fitur ini dapat menjadi pelangkap whatsapp business yang hingga saat ini belum memiliki fitur autoreply berdasarkan keyword tertentu. Fungsi balas otomatis seperti ini sudah ada pada aplikasi chat LINE sejak lama, seperti dijelaskan pada artikel resmi line disini. Fitur WhatsApp Autoresponder / Autoreply dapat diakses dengan memilih menu “Autoresponder” yang terdapat pada halaman dashboard dan pada sidebar aplikasi Melisa. Fitur autoresponder / autoreply Melisa ini hanya terdapat pada lisensi Melisa Titanium. Fitur autoresponder / autoreply ini hanya dapat digunakan untuk layanan chat Whatsapp. Tambah autoresponder / autoreply Pengguna dapat menambahkan data autoresponder / autoreply dengan menekan tombol tambah yang berada di kanan bawah tampilan data pelanggan melisa. Akan muncul pop up tambah autoresponder seperti berikut: Nama Autoresponder form nama autoresponder sebagai nama autoresponder, Tipe Autoresponder Form tipe autoresponder terdapat dua pilihan sebagai berikut: 1.Saat pesan diterima mengandung kata/kalimat/pattern berikut :

Pilihan ini akan mengaktifkan autoresponder ketika ada pesan masuk ke akun whatsapp di layanan chat yang mengandung kata/kalimat/pattern tertentu

CATATAN!

  • Secara umum keyword yang digunakan akan dapat dikenali meski menggunakan lower case (huruf kecil) , upper case (huruf besar) ataupun campuran.

Contoh keyword : beli melisa

Maka kata-kata berikut akan memberikan respon :

SAYA INGIN BELI MELISA

Saya Ingin Beli Melisa sekarang

  • Anda dapat menggunakan operator . (titik) sebagai penanda diperbolehkan nya ada satu kata diantara keyword yang dimasukan.

Contoh keyword : beli . melisa

Maka kata-kata berikut akan memberikan respon :saya ingin beli aplikasi melisa

saya ingin beli melisa sekarang

  • Namun kata-kata berikut tidak akan memberikan respon, karena terdapat lebih dari satu kata diantara keyword yang dimasukan :
  •  saya sedang mencari dan ingin beli aplikasi yang mirip seperti melisa ini
  • Anda dapat menggunakan operator * sebagai penanda diperbolehkan nya ada satu atau lebih kata diantara keyword yang dimasukan.

Contoh keyword : beli * melisa

Maka kata-kata berikut akan memberikan respon :

saya ingin beli aplikasi melisa

saya ingin beli melisa sekarang

saya sedang mencari dan ingin beli aplikasi yang mirip seperti melisa ini

  • Anda dapat menggunakan operator _ sebagai penanda diperbolehkan ada imbuhan setelah/sebelum kata yang dimasukan

Contoh keyword : beli_ melisa_

Maka kata-kata berikut akan memberikan respon :

saya ingin beli melisanya sekarang

gimana cara beli melisa nya sekarang?

  • Anda dapat menggunakan kombinasi operator .* dan _ sesuai kebutuhan :

Contoh keyword : beli_ * melisa_

Maka kata-kata berikut akan memberikan respon :

saya ingin beli aplikasi melisanya sekarang

gimana cara beli melisa nya sekarang?

2. Saat pelanggan mengirim pesan pertama kali

Pilihan ini akan mengaktifkan autoresponder ketika ada nomor baru yang mengirim pesan ke akun whatsapp di layanan chat

Pesan Diterima apabila pengguna memilih tipe autoresponder “Saat pesan diterima mengandung kata/kalimat/pattern berikut:” akan tersedia form “Pesan diterima” sebagai kata/kalimat/pattern yang akan menjadi acuan aktifnya fitur autoresponder ini, Pesan Dikirim form pesan dikirim ini merupakan isi pesan yang akan dikirim oleh aplikasi Melisa sebagai tanggapan, Delay untuk pesan dikirim (detik) – opsional form ini merupakan pengaturan delay untuk pengiriman respon autoresponder / autoreply. Jika Anda mengosongkan field ini maka jawaban akan dikirimkan secara langsung tanpa delay. Mengaktifkan autoresponder / autoreply Pengguna dapat mengaktifkan fitur autoresponder / autoreply ini pada akun whatsapp yang telah terdaftar di layanan chat. Cara mengaktifkannya dengan menekan icon whatsapp yang terdapat pada kolom Actions pada tabel autoresponder Akan muncul pop up aktivasi fitur autoreply seperti berikut: Pengguna perlu menentukan layanan chat whatsapp yang akan diaktifkan fitur autoresponder melalui pop up ini.

 

Melampirkan Gambar di Autoresponder

Sejak melisa versi beta 27, Anda dapat melampirkan gambar di pesan autoresponder. Untuk masing-masing pesan autoresponder, maksimal melampirkan 5 buah gambar. Untuk melampirkan gambar  klik di icon kamera :

Pilih satu atau beberapa file gambar yang akan dipilih, dengan menekan keyboar ‘ctrl’ / control / Command di MacOs – sambil memilih file dengan mouse :

Klik open untuk melanjutkan :

Setelah gambar terupload ke aplikasi melisa, Anda dapat melanjutkan ke tahap setup autoresponder selanjutnya / seperti biasa.

 

Edit dan hapus autoresponder / autoreply Pengguna dapat menghapus autoresponder / autoreply dengan cara menekan icon “tempat sampah” yang berada di kolom actions pada tabel autoresponder. Pengguna juga dapat melakukan perubahan data autoresponder / autoreply yang sudah disimpan dengan menekan icon “pensil” di tabel autoresponder. Akan muncul pop up untuk pengeditan data autresponder yang akan diedit. Tekan tombol simpan untuk menyimpan perubahan data autoresponder dan tekan tombol tutup apabila tidak ingin menyimpan perubahan pada data autoresponder. Cari data autoresponder / autoreply Pengguna dapat mencari data autoresponder / autoreply yang telah disimpan dengan mengakses menu cari. Autoresponder / autoreply dapat dicari berdasarakan nama autoresponder.

Last updated by Melisa on September 6, 2018
6800 reads