Autofollowup

Autofollowup dapat diakses dengan memilih menu “Autofollowup ” yang terdapat pada halaman dashboard atau pada sidebar aplikasi Melisa. Fitur autofollowup melisa ini hanya terdapat pada lisensi Melisa Titanium. Fitur autofollowup ini hanya dapat digunakan untuk layanan chat Whatsapp.

PERHATIAN:

Fitur ini hanya akan berjalan jika pada data pelanggan status ‘WhatsApp autofollow’ diaktifkan, seperti dijelaskan pada tutorial pelanggan.

ada tiga jenis autofollowup yaitu:

1. Autofollowup order belum dibayar

Fitur ini berfungsi untuk mengirim pesan secara otomatis ke pelanggan yang telah melakukan pemesanan namun belum melakukan pembayaran

Pengguna dapat mengubah pesan followup yang akan dikirim secara berkala dengan mengubah kata-kata di field ‘Pesan Dikirim’.

Order yang sudah difollowup sebanyak ‘X’ kali (tergantung setting yang anda pilih) namun tidak juga kunjung dibayar, makan secara otomatis order tersebut akan diubah status nya menjadi cancel / dibatalkan .

PERHATIAN :

Pesan autofollowup / reminder pembayaran yang akan dikirimkan pada pelanggan akan digenerate paling cepat 1 x 24 jam (1 hari) setelah order dibuat dan belum dibayar.

Pesan autofollowup ini digenerate secara otomatis oleh sistem setiap hari, berdasarkan status order yang masih belum dibayar.

Pesan yang akan dikirim ini ditampilkan pada tab ‘Message Queue’ :

Anda dapat mengedit (klik icon pensil) atau menghapus (klik icon tong sampah) pesan yang akan dikirimkan ini.

Jadwal pengiriman pesan autofollowup adalah sama dengan jadwal pembuatan order. Misal order dibuat jam 20:39 maka pesan autofollowup juga akan dikirimkan keesokan harinya pada pukul 20:39 juga.

2. Autofollowup resi pengiriman

Pengguna dapat mengirim pesan secara otomatis pada pesanan yang telah memiliki nomor resi kepada pembeli dengan mengaktifkan fitur ini.

Pengguna dapat menentukan format isi pesan yang akan dikirim kepada pembeli.

3. Autofollowup paket diterima / sampai di alamat tujuan

Pengguna dapat mengirim pesan secara otomatis pada pesanan yang pesanannya sudah sampai di alamat tujuan kepada pembeli dengan mengaktifkan fitur ini.

Pengguna dapat menentukan format isi pesan yang akan dikirim kepada pembeli.

Catatan :

  • Pesan untuk paket diterima akan terkirim otomatis hanya jika tracking status pengiriman telah ‘delivered’.
  • Fitur autofollowup untuk paket diterima ini berdasarkan data status pengiriman yang disediakan oleh API rajaongkir.com bukan dari API jasa layanan pengiriman, sehingga bisa jadi terdapat perbedaan selang waktu update status pengiriman barang yang telah sampai kepada pembeli.
  • Fitur autofollowup hanya akan berfungsi bila format nomor telepon pelanggan diawali dengan format kode negara contoh: nomor telepon dengan format negara Indonesia diawali dengan +62…
Last updated by Muh. Rosyid on February 13, 2018
1954 reads