Cara Mudah Membuat WhatsApp Bot

Cara Mudah Membuat WhatsApp Bot

Jika Anda mencari cara mudah untuk membuat whatsapp bot, maka Anda berada di halaman yang tepat. Pada artikel ini saya akan berbagi cara mudah dan cepat membuat whatsapp bot untuk berbagai keperluan, baik menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa lain nya (jawa, sunda, inggris, spanyol, dll).

Perlu diketahui bahwa saat ini whatsapp masih belum mengeluarkan chatbot resmi, sehingga ada banyak keterbatasan fitur chat yang tersedia dibandingkan platform chat bot yang lain seperti Facebook Messenger, Line, atau Telegram. Bot yang dapat dibuat pada platform whatsapp hanya dapat berinteraksi menggunakan text saja.

Oke kita langsung saja ya masuk ke pembahasan bagaimana cara membuat whatsapp bot. Perlu diketahui bahwa kita akan menggunakan fitur autoreply / autoresponder aplikasi yang bernama woo-wa untuk membuat bot nya, dan menggunakan “keyword” yang dikirimkan sebagai metode untuk berinteraksi.

Berikut adalah langkah-langkah nya (asumsi bahwa anda sudah memiliki akun woo-wa aktif, jika belum silahkan daftar disini):

1. Silahkan klik tombol Add Bot, hingga muncul popup:

2. Selanjutnya silahkan pilih nomor WA mana yang akan digunakan sebagai autoresponder / autoreply nya.

Selanjutnya yang perlu diketahui adalah ada beberapa tipe keyword yang bisa digunakan, tergantung dari kebutuhan kamu :

a. Exact Match : yaitu autoreply bot akan mengirim balasan jika pesan yang masuk adalah sama persis tanpa ada kata atau huruf lain nya.

Contoh :
–keyword(exact match):’halo robot’
–response:’halo selamat datang di website kami, saya adalah robot wa otomatis’

Dengan setingan seperti ini maka jika ada pesan seperti ‘assalamualaikum robot’, atau ‘hi robot’, maka response tidak akan berjalan, karena pesan nya tidak sama persis. Pesan yang masuk harus benar-benar sama persis yaitu kata ‘halo robot’.

b. Start with : yaitu autoreply akan membalas jika pesan yang diterima adalah dimulai dengan keyword yang kamu masukan, walaupun tidak sama persis kata-kata dibagian belakang nya.

Contoh :
–keyword(start with):’harga’
–response:’jasa pembuatan website kami dimulai dari Rp1 juta rupiah saja’

Dengan setingan seperti ini maka jika ada pesan misal nya ‘harga jasa nya berapa?’, meski tidak sama persis tapi karena dimulai dengan kata ‘harga’ maka autoreply akan membalas.
Namun misalkan pesan yang dikirim adalah misal ‘jasa nya harga berapa min?’ , maka autoreply tidak akan membalas karena kata ‘harga’ tidak terletak di bagian depan pesan nya.

c. Contain : yaitu autoreply akan membalas jika pesan yang diterima mengandung kata yang dimaksud, terlepas dari posisi kata nya (awal, tengah atau akhir), dan tidak perlu persis sama.

Contoh :
–keyword(contain):’diskon’
–response : ‘harga istimewa buat kamu diskon 40% hanya berlaku bagi transaksi yang melakukan pembayaran hingga jam 12:00 siang ini’
Maka pesan apapun yang mengandung kata diskon akan dijawab, misal ‘harga diskon nya berapa min?’ atau ‘kl harga setelah diskon ?’ akan menjawab pesan masuk.

2. Setelah melakukan setting sender, type keyword dan response, selanjutnya silahkan klik tombol ‘Add’ :

Selanjutnya kamu bisa menambahkan keyword atau kata lain, dengan klik tombol ‘Add’ seperti digambar dibawah ini :

Silahkan lakukan proses yang sama seperti dijelaskan sebelumnya untuk menambahkan keyword baru.
Jika sudah selesai, silahkan klik ‘No’ untuk melanjutkan ke tahap berikut nya.

3. Kamu akan kembali ke dashboard utama, dan selanjutnya adalah memilih nomor whatsapp sender number yang sudah disetting tadi :

Hingga tahap ini proses pemasangan autoreply / bot whatsapp sudah selesai, dan kamu bisa melakukan testing dengan mengirimkan pesan whatsapp ke nomor yang sudah kamu integrasikan dengan Woo-WA :

Jika kamu belum punya akun woo-wa, segera buat sekarang dengan KLIK DISINI !
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *