7 Tips Melejitkan Produktivitas CS dan Omset Toko Online

7 Tips Melejitkan Produktivitas CS dan Omset Toko Online

Kali ini saya ingin berbagi 7 TIPS sederhana yang jika dilakukan dapat MELEJITKAN OMSET, yang sering digunakan oleh CS saat berinteraksi dengan (calon) pelanggan di toko online saya sendiri :

1. Sapaan & Opening yang baik

Gunakan fitur Greetings di WhatsApp Bisnis (atau autoresponder aplikasi Melisa) untuk secara otomatis menyapa dan mengucapkan selamat datang.

Contoh :
Selamat datang di Alure Store – Toko Branded Tas Paling Lengkap Dengan harga bersahabat 🙂
Terima kasih sudah menghubungi kami.

2. Tanyakan nama dan sebutkan pada setiap ada kesempatan

Setiap orang sangat senang jika disapa menggunakan nama, oleh karena itu tanyakan nama nya dan gunakan disetiap kesempatan selama chat.

Contoh :
Saya Melisa – owner Alure store, boleh tau ini dengan siapa?
Apa [nama] senang dengan tas model yang besar & lebar, atau lebih suka yang slim & praktis ?

3. Siapkan jawaban dari pertanyaan yang paling sering ditanyakan

Jika Anda sudah tau pertanyaan yang paling sering ditanyakan, siapkan template jawaban nya untuk kemudahan.

Misal contoh 90% orang yang bertanya adalah terkait harga / produk / lokasi toko, maka siapkan menu pertanyaan & jawaban terkait hal tersebut.
Fitur autoresponder di melisa dapat sangat membantu Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini.

Contoh :
Pesan ini adalah autoreply sistem & berfungsi untuk memberikan informasi detail mengenai alure store.

Silahkan ketik angka saja di chat ini.
Otomatis chat ini akan mengirimkan detail informasi yang anda perlukan.

misalnya:

ketik “2” (tanpa tanda kutip)
untuk mengetahui apakah melisa dapat diinstall di smartphone/HP.

Daftar Pertanyaan yang sering ditanyakan :
1 – Berapa harga produk tas alure store ?
2 – Apa semua tas alure store dijamin asli / original ?
3 – Dimana lokasi Alure Store ?
4 – Kapan pesanan saya akan dikirimkan ?

Untuk menjawab beberapa pertanyaan yang tidak terlalu sering ditanyakan, Anda dapat menggunakan fitur Template Pesan.

4. Sampaikan rasa terima kasih

Sampaikan rasa terima kasih yang tulus untuk semua aktivitas yang dilakukan oleh (calon pelanggan) terkait transaksi penjualan yang terjadi.

Contoh :
Terima kasih atas konfirmasi pembayaran nya.
Terima kasih sudah memilih berbelanja di toko kami.
Terima kasih sudah menunggu

5. Tampilkan testimoni pelanggan sebelumnya

Jika pelanggan memiliki keberatan atau keraguan, maka cara terbaik biasanya dengan menampilkan testimoni dari pelanggan yang sudah menerima order, atau testimoni dari pelanggan yang sudah sukses mencapai sesuatu berkat produk Anda.

6. Beri kejutan

Kejutan berupa bonus-bonus gratis sangat disukai dan dapat meningkatkan kedekatan & ikatan emosional dengan pelanggan.
Meski dari segi harga tidak seberapa, pelanggan akan sangat senang menerima kejutan tersebut.
Misalnya berupa voucher belanja, gantungan kunci, scarf, stiker, atau hal-hal lain yang berhubungan / komplemen / pelengkap produk utama.

7. Followup

Ada 3 macam followup yang terbukti dapat meningkatkan omset penjualan :

  1. Followup pembayaran jika pelanggan belum melakukan transfer atas pesanan nya
  2. Followup untuk memberitahu bahwa pengiriman pesanan sudah dilakukan, biasanya disertai pengiriman nomor resi
  3. Followup untuk memberitahu bahwa status pengiriman sudah diterima oleh pembeli

3 Jenis followup ini dapat diotomatiskan dengan bantuan fitur autofollowup aplikasi melisa.

Setelah periode tertentu, misal 7-14 hari setelah pengiriman diterima, coba hubungi pelanggan dan minta feedback atau testimoni produk. Jika Anda memiliki produk baru, tidak ada salahnya Anda kirimkan lagi penawaran special terkait produk baru tersebut – misal diskon khusus selama periode tertentu.

Demikian sharing dari saya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.


Yuk sisihkan 3 detik untuk bantu share artikel ini, agar semakin banyak teman mu yang bisnis online nya semakin berkembang dan maju ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *