6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Untuk Bisnis

6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Untuk Bisnis

WhatsApp saat ini adalah aplikasi mobile dengan jumlah install paling banyak di Indonesia, melebihi aplikasi sosial media seperti Youtube, BBM, Facebook dan Instagram.

Hal ini menunjukan bahwa trend komunikasi para pengguna internet di Indonesia adalah menggunakan WhatsApp, baik untuk penggunaan pribadi ataupun bisnis. Tidak sedikit para penjual online yang menyisipkan nomor kontak whatsapp di lapak-lapak jualan online, yang berujung dengan banyak nya transaksi penjualan yang closing melalui chat ini.

Peluang ini tentu sudah dilihat oleh pihak WhatsApp sendiri yang sudah mulai membuat fitur khusus yang diperuntukan bagi para pelaku bisnis online. Meski belum dirilis secara resmi, berikut ini adalah beberapa fitur yang sudah dapat dinikmati oleh pengguna WhatsApp for Business di Indonesia :

 

1.Profil Akun Bisnis

 

Dengan menggunakan profil akun bisnis di whatsapp, maka akun Anda akan lebih terpercaya karena para (calon) pelanggan akan semakin yakin bahwa itu adalah benar-benar akun bisnis yang dimaksud, dan bukan akun ‘palsu’ lain yang sedang berpura-pura. Anda juga dapat menampilkan informasi jam kerja/operasional, lokasi serta informasi penting lain nya.

2. Statistik Pesan

Fitur ini akan membantu kita melihat berapa jumlah pesan yang dikirim (sent), terkirim (delivered), dibaca (read) dan diterima (received).

3. Away Message

Fitur ‘away message’ ini akan mengirimkan pesan ‘away’ secara otomatis pada calon pelanggan yang mencoba menghubungi whatsapp kita diluar jam operasional yang telah kita tentukan sebelumnya di fitur 1.

4. Greeting Message

Fitur Greeting Message akan secara otomatis mengirimkan pesan pada semua orang yang chat pertama kali dengan akun whatsapp bisnis kita, atau tidak ada aktivitas chat selama lebih dari 14 hari. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika kita sedang sibuk melayani chat banyak pelanggan di saat yang sama, paling tidak bisa membantu menyapa setiap orang yang menunggu terlebih dahulu.

5. Fitur Labels

Fitur ini akan membantu kita mengelompokan kontak chat yang kita miliki berdasarkan aktivitas transaksi terakhir, misalnya ‘pesanan baru’, ‘pending pembayaran’, ‘sudah membayar’, ‘pesanan selesai’, dsb.

6. Fitur Quick Reply

 Fitur ini sebenarnya sangat mirip dengan fitur quick reply yang pernah popular di BBM messenger beberapa tahun yang lalu. Fitur ini kini hadir di whatsapp untuk bisnis, dan akan sangat membantu kita dalam menjawab pertanyaan berulang dari calon pelanggan.

Seluruh fitur diatas adalah masih fitur beta, namun sudah dapat digunakan oleh pengguna whatsApp di Indonesia. Tentu masih kita tunggu fitur-fitur apalagi yang akan dihadirkan oleh WhatsApp untuk membantu para pebisnis online di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *